[]


1 Terabyte dalam 1 Disc



Sony membuktikan bahwa media penyimpanan optik masih jauh dari pensiun. Meski Blu-ray sulit menembus pasar yang didominasi oleh format DVD, menurut laporan Examiner, Sony kini sedang mengerjakan media optik generasi berikutnya.

Bekerjasama dengan peneliti dari Tohoku University, Jepang, Sony mengembangkan laser semikonduktor blue-violet ultra cepat yang memungkinkan data sebesar 1 Terabyte atau setara dengan 1000 Gigabyte disimpan pada sekeping media optik.



Teknologi optik itu menggunakan laser berwarna biru lembayung tipe baru yang dapat menghasilkan denyutan atau tembakan dalam hitungan pico detik atau sama dengan satu per satu triliun detik.

Selain itu, leser semikonduktor dan amplifier optik semikonduktor baru juga memungkinkan keluaran daya hingga 100 watt.

“Pengembangan terbaru ini merupakan denyutan laser picosecond dengan panjang gelombang laser yang mencapai 405 nanometer (panjang gelombang sama dengan Blu-ray) di kawasan biru lembayung,” kata juru bicara Sony, pada keterangannya, 2 Agustus 2010.

Sebagai informasi, April lalu Blu-ray Disc Association mengumumkan perbaikan format pada teknologi Blu-ray termasuk disc yang mampu menyimpan hingga 128GB.

Akan tetapi, kurang dari sebulan kemudian, peneliti dari University of Tokyo mengklaim telah menemukan materal baru yang murah dan mudah dibuat yang mampu menyimpan hingga 25TB dalam sekeping disc.

Sumber:: http://teknologi.vivanews.com/news/read/168505-sony-kembangkan-penyimpanan-1tb-dalam-1-disc

Berita Lain