[]


Mengintip Mesin DOHC Yamaha R25

Mengintip Mesin DOHC Yamaha R25. Mesin DOHC (double over head chamshaft) Yamaha R25 adalah terobosan. Kan baru R25 ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjual teknologi dua noken-as, di luar moge loh. Otomatis perfoma motor 250 cc ini boleh diadu dengan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250 yang dua-duanya juga DOHC.

Mengintip Mesin DOHC Yamaha R25. Bukan soal dua kem dan empat klep. Tetapi yang paling utama sasaran dua kem ini, adalah empat lubang di kepala silinder, dua masuk dan dua buang. Itu yang sebenarnya ingin dicapai oleh DOHC. Dengan empat lubang ini, layanan permintaan silinder 250 cc bisa dicapai bersaman. Istilah kerennya adalah efesiensi volumetrik. Tabung silinder sekali proses pembakaran akan terpenuhi, walau nama kabut bahan bakar dan udara terhadap 250 cc tidak mungki terisi dan terbakar semua.

Unggulnya DOHC yang otomatis multiklep adalah pembakaran yang kian homogen dan prosesnya cepat. Salah satunya adalah posisi busi persis di tengah ruang bakar. Rambatan pembakarannya lebih singkat dan senter. Itu akan mengurangi kerugian pembakaran seperti munculnya kerak dan bikin hitam kenalpot tadi.(Sumber: http://www.maniakmotor.com)

Berita Lain